Selasa, Oktober 28, 2008

Belut Listrik

Beberapa ratus spesies ikan memiliki organ penghasil listrik, namun hanya sedikit yang dapat menghasilkan daya listrik yang kuat. Organ penghasil listrik yang dimiliki oleh kebanyakan ikan tersusun dari sel saraf dan sel otot yang telah mengalami perubahan penting. Bentuk organ listrik seperti piringan kecil yang memproduksi lendir disebut elektrosit, tersusun dan menyatu di bagian atas dari susunan lain yang sejajar. Pada umumnya, semua piringan menghadap arah yang sama yang memuat 150 atau 200 piringan setiap susunannya. Misalnya, pada ikan torpedo terdapat 140 sampai 1000 piringan listrik pada setiap kolom. Pada ikan torpedo yang sangat besar, jumlah seluruh piringan sampai setengah juta. Prinsip kerja piringan listrik ini mirip dengan cara kerja baterai. Ketika ikan beristirahat, otot-otot yang tidak berhubungan belum aktif. Namun jika menerima pesan dari saraf, akan segera bekerja secara serentak untuk mengeluarkan daya listrik. Pada saat itu, voltase semua piringan listrik atau elektrosit menyatu, sehingga mampu menghasilkan daya listrik sampai 220 volt pada ikan torpedo atau sampai 650 volt pada belut listrik.

Pada umumnya semua spesies ikan air tawar hanya bersifat listrik ringan, kecuali sembilang listrik dan belut listrik. Ikan listrik yang hidup di air laut memiliki tenaga listrik yang lebih kuat dan berbahaya, karena air laut mengandung garam membuat dirinya lebih tahan terhadap arus listrik. Posisi dan bentuk organ listrik ini bervariasi tergantung pada spesiesnya.

Apa manfaatnya menghasilkan listrik di dalam laut bagi ikan listrik? Kemampuan mengeluarkan daya listrik yang besar adalah untuk mempertahankan diri terhadap pemangsa atau musuh dan untuk menangkap mangsa. Dengan menciptakan gelombang arus listrik secara terus menerus ke perairan disekitarnya, melalui pelepasan daya listrik yang mencapai lebih dari 1000 impuls per detik. Bila ada sesuatu yang memasuki medan listrik ini, akan membuat perubahan medan yang akan segera diketahui oleh ikan listrik. Hal ini dapat dilakukan berkat kepekaan ikan listrik terhadap perubahan arus listrik.

0 komentar:

Posting Komentar