Rabu, Desember 31, 2008

Bintang di Hatiku

Malam ini, aku hanya memandang bintang-bintang di langit ditemani lagu Unintended yang dibawakan dengan sendu oleh Muse. Aku hanya bisa menangis, penuh penyesalan. Vega…aku berharap bisa melihat wajahmu terlukis di kelamnya langit malam…
****
“Na…! akhirnya, ketemu juga!”aku berteriak dengan girang ketika aku baru saja tiba dari kantin. Luna memandangku dengan tatapan heran,.
“Nemu apa lo? Heboh banget! Kayak habis nemu harta karun aja!”balas Luna.
“Harta karunnya bukan barang sih, tapi cowok! Na, denger deh. Gue barusan ketemu cowok ganteng baaangeeet..! dia nyapa gue gitu, gue sih nanggepinnya biasa aja tapi ternyata, kata Andy itu cowok murid baru, pindahan dari Surabaya. Namanya Raka, dia itu pinter, peraih Perak di Olimpiade Matematika tingkat Nasional, terus juga jago olahraga. Masih kata Andy nih, di sekolahnya yang lama dia itu kapten basket dan pernah bawa sekolahnya jadi juara kompetisi basket antar pelajar tingkat Jawa timur! Bayangin deh, Na! sempurna banget kan tuh cowok?! Duh…, cowok idaman gue banget deh! Ah, gue jadi nyesel tadi nggak ngasih dia senyuman!”aku nyerocos panjang lebar, “Oh, iya Na. kok dia bisa tau nama gue ya!?”
“Payah deh! Lo naksir dia?”
“Ya iyalah! Lo kan tau kalo cowok kayak dia itu yang gue cari-cari selama ini. Yang cakep, tinggi, badan atletis, pinter, jago olahraga….eh, tapi kok lo kayak gak seneng gitu gue naksir dia, jangan-jangan lo juga suka ya sama Raka?”
“Nggak! Gue cuman khawatir kalo nanti elo dan Raka ‘jadian’! Soalnya Raka tuh juga suka sama lo, sejak pertama dia ngeliat elo!”
“Hah?!masa’ sih Raka naksir gue? emang kapan gue ketemu dia? perasaan, tadi tuh pertama kalinya gue ketemu sama dia deh !”
“Kemaren lusa, lo ke rumah gue dan ngerjain tugas di depan TV, ternyata diam-diam Raka merhatiin elo dari lantai satu. Dan setelah elo pulang dia langsung nge-wawancara gue, nanyain nama lo, bla bla bla,’’jelas
Luna, aku membelalakkan mata, kaget.
“Hah? Jadi dia itu sepupu lo? Dan dia naksir gue!? wah, makin asyik aja jadinya!”seruku senang. “Eh, lo gak bilang kalo gue udah punya cowok kan?”
“Jelas aja gue bilang! Itu harus, tau! Tapi, dia maksa tetep mau kenal lo lebih jauh, dia udah naksir berat sama lo!”
“Bagus deh! Beneran cowok idaman gue tuh! eh, lo dukung gue, kek. Lo kan sobat gue.”kataku dengan nada memohon.
“Eh, Non, Kalo status lo jomblo, baru deh gue bakal dukung lo. Tapi, lo kan udah punya cowok, Ra. Jadi cewek kejam banget sih…Eh, gini deh, Gue baru dukung lo sama Raka kalo lo udah putus sama Vega.”kata Luna.
Aku diam saja, jujur sih aku emang udah punya cowok. Namanya Vega, sekarang dia kelas tiga di SMA yang berbeda denganku tapi rasanya dia nggak berarti apa-apa buatku, aku juga sudah lupa alasan kenapa dulu aku bisa jadian sama dia. Dia itu jauh dari tipe cowok idamanku.
“Meski kayaknya gue nyuekin Vega tapi enggak tau kenapa gue gak pernah pengen pisah dari dia tapi dibilang cinta sama dia juga kayaknya enggak deh. Aneh banget ya!?”
“Gue heran Ra sama lo, apa sih kekurangannya Vega yang sudah cakep setengah bule gitu. Setia banget, baik, perhatian pula. bisa-bisanya sih lo nyuekin cowok kayak dia? kalo bukan karena dia beneran sayang sama lo, pasti sejak lama dia udah ninggalin lo. Lagian cewek mana sih yang nggak mau jadi pacarnya Vega!?”kata Luna.
Aku cuma terdiam memikirkan kata-kata Luna.
“Hmm, dia itu berandalan dan yang jelas dia sama sekali enggak pinter, gimana bisa pinter kalo sering bolos sekolah.”kataku setengah mengeluh.
Vega cowokku itu emang hobi bolos, selain itu dia juga sering ikutan balapan ilegal dan jadi anggota band rock yang sering manggung di festival-festival band tapi meskipun semua kegiatannya terlihat serba kasar dan urakan, kalo sama aku dia lembut dan baiiikk banget.
Lalu Raka tiba-tiba sudah berdiri di samping tempat dudukku dan tersenyum ramah.
“ Hai, Lyra! Luna pasti udah cerita kan kalo gue pengen banget kenalan sama lo?!gue Raka.”Raka memperkenalkan diri sambil mengulurkan tangannya padaku. Akupun membalas uluran tangan itu sambil menyebutkan namaku. Luna cuma bisa melongo.
****
Aku membanting pintu kamar dan melemparkan tasku begitu saja keatas meja belajar hingga semua benda diatasnya jadi berantakan.
“Vega jelek! Sialan…!”umpatku kesal. Teringat kembali kejadian memalukan yang kualami di mal barusan. Vega dan teman-temannya melihat aku mengamit lengan Raka dengan mesra di mal. Tentu saja, Vega jadi marah banget karena aku bohong bilang kalo mau pergi nyari buku bareng Luna. Di tengah keramaian mal, Vega menghampiri kami berdua.“Lyra! kenapa lo bo’ong ke gue?!”tanya Vega sambil menarik tanganku, membawaku sedikit menjauh dari Raka, tidak ada lagi nada bicaranya yang sabar dan lembut seperti biasanya.
“Terserah gue dong!”balasku dengan judes.
“Selama ini, semua emang terserah elo tapi gue diem aja, lo berbuat seenaknya gue biarin. Tapi, sekarang lo bo’ongin gue, jalan dan mesra-mesraan bareng cowok, gue gak bisa diem aja. sekarang lo jawab, siapa cowok itu?”selidik Vega.
“O, dia itu Raka, temen sekolah gue, gebetan gue. gue dan dia saling suka. Gue suka sama dia karena dia suka sama gue, modalnya bukan cuman tampang doang! Dia pinter dan jago olahraga, cowok kayak dia yang gue cari selama ini! Lagian lo kenapa sich ?! nanya-nanya kayak gitu, udah kayak polisi aja !”seruku kesal. Vega diam mendengar kata-kataku, lalu dia menghampiri Raka yang tetap berdiri dengan tenang.
“Lo tau nggak kalo Lyra itu cewek gue!? kalo lo belom tau, gue beritahu sekarang LYRA ITU CEWEK GUE jadi lo jangan ganggu dia! jauhi Lyra !”teriak Vega membuat semua pengunjung mal memandang kearahnya.
“Gue tau. Lyra itu cewek lo, tapi emang lo bisa apa kalo ternyata dia naksirnya sama gue, bukan sama elo !”Raka membalas perkataan Vega dengan tenang tapi bernada menantang, lalu teman-teman Vega mendekati Raka, sepertinya mereka berniat mau ngeroyokin Raka tapi Vega buru-buru mencegahnya.
“Kita, jangan berantem disini. kalo bernai, lo bawa temen-temen lo, besok kita ketemu di depan GOR !”kata Vega pada Raka, aku yang mendengarnya jadi kesal.
“Ga, lo apa-apaan sih!? Main kasar aja!”seruku kesal.
“Yaa, gue emang kasar! Tapi seenggaknya gue nggak pernah kasar sama lo! Dan gue nggak pernah dan nggak akan pernah nyakitin perasaan lo seperti sekarang yang lo perbuat ke gue! seandainya lo tau sakitnya hati gue, permintaan maaf dari elo aja nggak bakal cukup buat mengobatinya!”kata Vega dengan nada tinggi, belum pernah Vega berbicara dengan nada setinggi itu padaku.
“Lo kenapa sih!? Ya udah deh, mulai sekarang kita putus! Asal lo tau ya Ga, gue tuh gak pernah cinta sama cowok macam elo! Dan gue rasa gue nggak perlu minta maaf ke elo!”teriakku lalu pergi bersama Raka, meninggalkan Vega dan teman-temannya begitu saja. Aku masih bisa mendengar teriakan Vega.
“Sampai kapanpun gue akan tetep sayang sama elo, Ra!” tapi, masa bodo deh dia mau teriak, aku terus pergi menjauh dan pulang.
Sudah setengah jam aku melamun, entah kenapa sekarang aku jadi merasa menyesal sudah mengucapkan kata PUTUS pada Vega. Tapi, kupikir buat apa aku memikirkan cowok macam dia, lalu kuputuskan untuk menelpon Raka.
“Ka, gue nerima lo. lo tau kan gue udah putus sama Vega,”kataku, Raka memang sudah menyatakan perasaannya padaku saat kami di mal tadi.
“Lo gak jawab pun gue juga udah ngerti kalo lo suka gue,”kata Raka ge-er banget. “Duh.., ge-er banget sih lo! eh, besok kan hari minggu tuh, kita pergi yuk!” ajakku. “Anggaplah itu sebagai perayaan karena kita udah jadian,”
“Sori, besok pagi gue mau pergi buat ketemuan sama anak-anak basket di cafĂ©.”kata Raka.
Oh, jadi temen lebih penting? Vega yang punya banyak sohib aja gak pernah ‘nelantarin’ aku cuman gara-gara pengen gaul bareng sohibnya, yang ada aku malah diajak ngumpul bareng mereka, tanpa sadar aku jadi ngebandingin Raka dengan Vega.
“Kalo besok pagi gak bisa, gimana kalo sorenya aja, lo jemput gue ke tempat les trus kita pergi bareng. Gimana?”
“Gue juga nggak bisa, karena udah janji mau nongkrong bareng Sandy dan Ega.”kata Raka. “Ka, plis deh…kita kan baru jadian, apa sih ruginya nongkrong bareng temen sekali aja !?”aku merajuk. “Gak bisa dong!”balas Raka.
“Emang penting banget ya? Lebih penting dari gue?”tanyaku.
“Ya, iyalah! Mereka kan temen deket gue di sekolah.”balas Raka. Apa?? Jadi temen jauh lebih penting daripada gue ya!? Nih anak, jadian belom nyampe’ sejam aja udah belagu, apalagi kalo lebih!?umpatku dalam hati.
“Gue tarik ucapan gue, kalo lo kayak gini, gue gak bakal pernah sudi jadi cewek lo!”kataku, lalu Aku langsung mematikan telpon tanpa basa-basi lagi. keseeel banget rasanya!
Sejam berlalu, tapi aku sama sekali nggak nyesel lantaran batal jadian sama Raka yang ada aku malah nyesel karena mutusin Vega. Saat ini juga aku baru sadar kalau ternyata aku tuh sayang banget sama Vega, perasaanku ke Raka mungkin cuman sebatas rasa kagum saja. Aku benar-benar ingin minta maaf pada cowok itu karena perkataan kasarku padanya tadi dan sikap egois-ku selama ini. Aku benar-benar merindukan senyumnya, tatapan matanya yang teduh, suara lembutnya yang sabar, aku merindukan semua yang ada pada dirinya. Aku mencoba menghubungi Vega tapi ternyata ponsel cowok itu tidak aktif, aku memutuskan untuk tidur saja dan menunggu esok pagi untuk menelpon Vega.
Tapi, aneh sekali aku sama sekali tidak bisa memejamkan mataku, hati ini rasanya sangat gelisah, entah mengapa. tiba-tiba pintu kamarku terbuka, lalu Vega masuk kedalam kamarku, memberikan senyumnya tanpa berkata apa-apa dia terus berjalan menuju jendela kamarku dan bersiap untuk loncat ke bawah. Sangat aneh!
“Ga, jangan! Lo mau apa sich!?lo bisa mati, tau!”teriakku panik. Vega bergeming lalu dia menatapku dalam dan tersenyum selanjutnya dengan cepat dia meloncat ke bawah. Aku berlari menuju jendela, melihat ke bawah tapi keadaannya sepi dan sama sekali tidak ada sosok Vega disitu. “Ga! Ga!”aku berteriak panik.
Seseorang mengguncangkan tubuhku, aku terbangun dan mendapati diriku duduk di sofa kamarku. “Mimpi apa sich lo, sampe teriak-teriak gitu!?”kata Vicko, kakakku.
“Aduh, syukur deh. Cuman mimpi! Kalo itu beneran terjadi bisa gila kali gue.”kataku lega, “Makasih, ya Vic!! Udah bangunin gue…”kataku, Vicko mencibir.
“Ganggu orang tidur aja sich lo.”ujarnya lalu keluar dari kamarku. Aku tersenyum, legaaa banget rasanya! Ga…, gue pengen banget deh ketemu lo..!
****
Minggu siang, aku menelpon Caesar, salah satu sobat deket Vega.
“Sar, Vega kemana sich? HP nya gak aktif, telpon rumahnya gak ada yang angkat, lagi.”kataku. Caesar diam. “Sar? Lo masih disitu kan?!”
“I..iya, Ra! Gue dengerin lo kok.”jawab Caesar.
“Ya, udah jawab dong. Gue tanya, Vega mana?”tanyaku sekali lagi.
“ Vega, Ng…, dia…, gue nggak …Ng…,”Caesar terdengar gugup.
“ Lo kenapa sih? Aneh banget! Vega sekarang lagi sama lo, ya?”tanyaku dengan tak sabar.
“Ng…Ra, lo mesti tabah ya.”kata Caesar aneh. Perasaanku mulai nggak enak.
“ Lo jangan bilang kalo Vega ‘kenapa-napa’! dimana dia sekarang, Sar?”
“Ra, Semalam saat balapan gue nggak tau kenapa Vega nggak mau make helm. Sialnya,… dia kecelakaan…”perkataan Caesar terdengar lirih.
“ Tapi dia nggak papa, kan?!”potongku, Caesar tetap meneruskan perkataannya.
“ Setelah dibawa ke RS, dokter angkat tangan. Lukanya parah banget, Ra…,” jelas Caesar perlahan. Aku menahan tangisku yang rasanya mau meledak.
“Kaki kirinya hancur, tulang lehernya patah dan dia juga gegar otak. Papanya langsung bawa dia ke Jerman, ikut penerbangan jam setengah satu. Tapi barusan, Papanya Vega nelpon gue…,”penjelasan Caesar semakin lama semakin terdengar menyedihkan buatku. Air mataku mulai jatuh.
“Katanya , Vega…, dia…dia meninggal dalam perjalanan ke Jerman dan dia juga akan langsung dimakamkan di Hannover, ditempat ibunya.”dan kali ini tangisku meledak tak tertahankan lagi.
“Nggak…!Vega gak mungkin ninggalin gue secepat ini..!”jeritku sambil menangis.
“Gue ngerti, kita semua juga ngerasa kehilangan tapi lo yang tabah aja ya, Ra.” Kata Caesar, aku yakin cowok itu juga merasa sangat sedih saat ini.
“Padahal gue sayang banget sama dia, gue belum sempet ngomong apa-apa kenapa dia udah pergi..?!”pekikku. Air mataku mengalir deras .
“Mungkin Ra, Vega udah punya firasat, sebelumnya dia ngasih gelang kesayangannya dan surat buat gue kasih ke elo.”
******
Hey, Ra! Lo tau bintang yang namanya Vega kan?! Bintang yang ada dalam rasi Lyra itu lho. Gue sering banget mikir seandainya gue jadi Vega yang itu, gue pasti bakal seneng banget karena bisa jadi bagian dari Lyra selamanya, gue pengen banget bisa sama-sama elo terus selamanya tapi gue kan bukan bintang… tapi seenggaknya gue pernah mengisi lembaran hidup lo < meski cuman bentar banget > tapi gue udah cukup bahagia dan gue harap dalam waktu yang sebentar itu gue udah jadi bintang di hati lo.
Lyra, rasa cinta gue nggak akan pernah berkurang meskipun mungkin lo gak pernah cinta sama gue karena gue emang bukan tipe cowok seperti yang elo idam-idamkan selama ini. Tapi gue yakin, gak akan ada cowok selain gue yang punya cinta sebesar cinta yang pernah gue kasih ke elo…
Hey, Lyra! Pliss…, jangan nangis gitu dong…!
I love you for ever
Vega
Aku menangis, suara Matthew Bellamy mengalun sendu dari tape di kamarku.
You could be the one who listens
To my deepest inquisitions
You could be the one I’ll always loved
I’ll be there as soon as I can
But I’m busy mending broken
Pieces of the life I had before
Aku ingat, suatu ketika aku pernah marah pada Vega, cowok itu minta maaf tapi tak juga kumaafkan lalu tiba-tiba suatu malam Vega sudah ada di bawah jendela kamarku dan menyanyikan lagu itu diiringi petikan gitarnya yang membuat aku menangis terharu dan memaafkannya.
Dan saat ini aku membayangkan Vega kembali menyanyikan lagu itu untukku. Aku sadar ternyata Vega sangat berarti bagiku. Kenapa baru sekarang aku menyadarinya?! Seandainya aku diberi kesempatan untuk bertemu sekali saja dengan Vega aku pasti akan bilang kalau aku sangat sayang dan amat sangat mencintainya.
“Vega…, kenapa sich lo ninggalin gue sendirian..? gue kan sayang banget sama lo…!”
*********

0 komentar:

Posting Komentar